Review Drama TV, Film Movie, Musik | Resensi Buku & Cerita | Renungan Berita Terbaru

Galeri

Jepang Menjelang Kiamat?

tsunami JepangRenungan: Gempa bumi dan tsunami dahsyat baru saja menerjang Jepang. Korban pun berjatuhan. Ribuan nyawa melayang. Jumlah yang luka-luka dan kehabisan harta benda tak terbilang. Sejumlah bangunan dan prasarana porak-poranda. Sekarang, mereka tengah menghadapi ancaman bencana susulan yang lebih mengerikan, yakni bocornya reaktor nuklir. (Saksikan video Tragedi Fukushima.)

Hari ini, ancaman nuklir telah naik ke level 5. (Sebuah level yang menurut badan Internasional Energi Atom PBB sebagai tingkatan yang bisa membunuh manusia.) Apakah Jepang sedang menjelang kiamat? Entahlah. Yang jelas, mereka tengah memasuki masa darurat nuklir.

Bagaimanakah spirit orang-orang Jepang dalam mencekal bencana yang mengerikan tersebut? Berikut ini salah satu jawaban dari mereka (“Kebersamaan yang Menguatkan Mereka” dalam Kompas, 19 Maret 2011, hlm. 1):

Orang-orang di pengungsian membantu kami dengan baik dan memberi makan yang cukup. Para pengungsi lain ramah dan menyenangkan. Tetangga kami juga sangat baik, ia mengizinkan kami memompa air dari sumurnya secara gratis. Kita harus tahu bahwa kita masih memiliki rasa kebersamaan.

One response

  1. Ping-balik: Tragedi Fukushima | Menangislah Bila Perlu