Review Drama TV, Film Movie, Musik | Resensi Buku & Cerita | Renungan Berita Terbaru

Galeri

Yang Sukses Malah Dibenci

Berita aneh tapi nyata. Selama ini kita mungkin menyangka, orang yang sukses tentulah disukai orang banyak. Mereka tampak dipuja di mana-mana. Namun kenyataannya berbeda. Mereka justru dibenci masyarakat walau secara diam-diam. Demikianlah berita terbaru yang barusan kubaca, “Survei: MU Perusahaan Paling Dibenci di Britania Raya“. Survei tersebut menunjukkan bahwa perusahaan yang paling dibenci masyarakat adalah yang sukses. Yang gagal total dan jatuh bangkrut tidak dibenci setengah mati.

Mengapa yang sukses malah dibenci setengah mati? Alasannya beraneka-macam. Salah satunya barangkali adalah rasa iri. Setidak-tidaknya, begitulah yang kurasakan. Tak jarang aku lihat, benci dan iri itu sangatlah dekat, bahkan saling mempengaruhi.

Jikalau kita merasa iri kepada seseorang, maka kita seolah menanam bibit kebencian kepadanya. Semakin dia sukses, semakin irilah kita kepadanya, lalu semakin benci jugalah kita kepadanya.

Sedangkan kalau kita membenci si Anu, maka jika dia meraih sukses, kita merasa iri kepadanya. Kita pun merasa dunia ini tidak adil. “Mengapa orang sejelek dia bisa sukses? Kenapa orang sebaik aku gagal lagi?” pikir kita.

Ataukah Anda punya pikiran lain mengenai berita tersebut?

Komentar ditutup.