Review Drama TV, Film Movie, Musik | Resensi Buku & Cerita | Renungan Berita Terbaru

Posts tagged “mengapa menangis

Galeri

Inilah bangsa terhebat dalam menangis

Manakah bangsa terhebat dalam menangis? India? Indonesia? Korea? Atau bangsa mana?

Kayaknya bukan bangsa India deh. Liat aja film-film India. Saat mereka sedih, tetap aja mereka menyanyi dan menari bersama. Kapan nangisnya?

Mungkin bangsa Indonesia ‘kali ya. Liat aja sinetron-sinetron Indonesia. Para pemain utamanya sering menangis walau ekspresi wajahnya datar-datar saja. Kapan sedihnya?

(lebih…)

Iklan

Galeri

Inilah cerpen yang gak cuma bikin kami menangis, tapi juga…

Karya manusia yang sungguh bagus bukan hanya lezat disantap, melainkan juga bergizi tinggi, higienis, bersih dari polusi. Inilah yang kami rasakan ketika mencerap kata-kata dalam sepotong cerpen karya Noviana Kusumawardhani. Judulnya, “Pemburu Air Mata“. Inilah potongan alinea dari cerpen tersebut yang menumbuhkan kesan nan amat mendalam di hati kami:

… Desaku menjadi desa terindah di seluruh negeri dan air mata adalah hal yang sangat biasa ditemukan di sini. Penduduk desaku hidup dari air mata. Apa pun yang kami lakukan selalu diiringi air mata. Bahkan ketika di saat-saat bahagia sekalipun, saat bersenang-senang, air mata selalu harus hadir di sana. Kami tidak mengenal air mata kesedihan ataupun kebahagiaan. Kami hanya mengenal air mata adalah napas. Seperti detak jantung yang berdentam setiap detik, air mata di desa ini pun adalah hidup mereka. Di sini diyakini orang yang semakin banyak mengeluarkan air mata adalah orang yang benar-benar bahagia…

Kami hanya mengenal air mata adalah napas.” Ini dia yang kami cari-cari selama ini. Inilah harta karun terpendam yang selama ini terlupakan. Maksudnya, bahkan walau serba kekurangan, kita masih bisa berharap menjadi manusia seutuhnya melalui air mata! Atas dasar ini, kamu putuskan untuk menspesialisasikan diri dalam bidang “ilmu menangis”. Maka lahirlah blog Menangislah ini sebagai tempat belajar kami.


Galeri

KARA nangis diatas pentas, ini dia sebabnya

KARA menangisSelebritis pun bisa sungguh-sungguh menangis di atas pentas. Buktinya, lima anggota KARA (vocal group terkenal dari Korea) menangis saat menyanyi di atas pentas. Show mereka ini sengaja dibuat secara khusus untuk penayangan terakhir drama “URAKARA” yang disiarkan oleh Tokyo TV, Jepang. Air mata mengalir deras saat pertunjukan berlangsung. Maka para penggemar (fans) pun ikutan menangis.

Kalau fans ikutan menangis. Kita tidak heran. Tapi bagaimana dengan sang selebritis? Apakah tangisan mereka itu karena mereka sangat menghayati lagu yang mereka bawakan? Tampaknya tidak. Dari ekspresi mereka, kelihatannya tangisan mereka disebabkan oleh lebih dari sekadar itu.

(lebih…)


Galeri

Pasha “Ungu” Menangis Lagi (dan Lagi)

pasha-ungu

Di Indonesia, cowok menangis tampaknya tidak lagi memalukan dipandang memalukan. Hal ini terutama bila alasan mengapa menangis itu adalah karena terharu. Contohnya, kemarin, Pasha Ungu menangis lagi ketika sungkem kepada kedua orangtua dalam rangka ritual pranikah. “Saya memang jarang berkomunikasi dengan ayah saya. Jarang bertemu dengan ibu saya karena jadwal Ungu yang padat. Makanya sangat nggak tahan nangisnya dan saya minta maaf pada mereka,” ujar Pasha.

pasha-unguSebelumnya, sekitar sembilan bulan yang lalu, Pasha tak kuasa membendung tangis saat mulai melantunkan single Ungu berjudul “Doa Untuk Ibu”. Inilah untuk pertama kalinya selebritis Indonesia menangis saat melantunkan lagu Ungu. “Baru kali ini aku secara pribadi menangis saat take vocal, lagu ini menyentuh banget,” katanya. (Saksikan video konser lagu ini di halaman “Ungu: Doa untuk Ibu“.)

Kelak, kita tidak perlu lagi heran mendengar berita bahwa Pasha menangis lagi (dan lagi).


Galeri

4 Alasan Mengapa Perlu Menangis & Mendengar Tangisan

crying stone

Ada banyak alasan yang tepat mengapa kita perlu menangis dan mendengar rintihan tangisan. Empat diantaranya terkandung dalam cerpen A.S. Laksana, “Kisah Batu Menangis“, sebagai berikut:
crying stone

  1. agar kita “lebih berhati-hati”; (“Kenangan pahit, kau tahu, akan melekat lebih kuat di dalam pikiran ketimbang kenangan manis.”)
  2. karena “cinta bisa abadi”; (Bahkan bila kita tidak lagi menjadi manusia, karena berubah menjadi batu atau pun debu, cinta sejati itu akan tetap ada dan dinikmati oleh orang-orang. Untuk contoh, silakan simak “Karena Cinta, Han Geng Menangis Saat Menyanyi“.)
  3. supaya segera menjadi lebih bijaksana; (“Sudah saatnya aku memikirkan ketenteraman seperti resi-resi zaman dulu, menghabiskan air mata di tempat sunyi.”)
  4. untuk mengubah segalanya dengan “membawa keberuntungan”. (Menangis itu seolah-olah “tertidur 300 tahun seperti orang-orang dari cerita lama”. Keadaan kita dapat berubah dari yang penuh dengan pertarungan dan kegagalan menuju perdamaian dan kemajuan.)

Misteri Dua Batu Yang Menangis

crying stone

Alkisah, dua orang manusia berubah menjadi batu. Mereka berdua sama-sama menangis. Namun, keadaan keduanya bertolak-belakang. Sungguh misterius. Batu Pertama menangis sedih dan kecewa. Batu Kedua menangis bangga dan bahagia. Mengapa? Silakan baca, renungkan, dan bandingkan cerita rakyat “Batu Menangis” (sedih-kecewa) dan cerpen “Kisah Batu Menangis” (bangga-bahagia).


Galeri

Karena Cinta, Han Geng Menangis Saat Menyanyi

Pada awal bulan ini, berlangsung perekaman lagu “Save the Children” di Beijing, Cina. Penyanyinya ialah Han Geng, Yu Quan, He Jie, An You Qi , Shang Wen Jie, Chen Chu Sheng, dkk. Menurut Anson Hu sang produser, seperti diberitakan oleh Sina Entertainment News, Han Geng lah selebritis yang paling antusias dalam menyambut proyek cinta ini.

Saking antusiasnya, Han Geng rela mengurangi jatah liburannya di Hawaii demi ikut serta dalam proyek perekaman lagu “Save the Children” itu. Malah ketika pertama kali menyanyikannya, Han Geng sang cowok keren ini menangis!

Han Geng menangis saat menyanyi

Mengapa Han Geng menangis saat itu? Kita bisa menjumpai jawabannya secara tersirat dari keterangan Anson Hu:

Dulu saya sering melihat anak-anak mengemis di jalan-jalan, dekat lampu lalu-lintas. Lalu saya turunkan kaca mobil saya dan memberikan mereka uang. Tapi setelah itu, tahulah saya bahwa mereka dieksploitasi secara ilegal, sehingga saya merenung apakah memberikan mereka uang seperti itu adalah benar. Lantas, saya menulis lagu ini seraya berharap bahwa lagu ini akan menyalurkan cinta yang paling mendalam dari setiap keluarga.

Jadi, besar kemungkinan bahwa Han Geng menangis saat menyanyi itu karena cinta yang mendalam!


Galeri

Kita perlu menangis sesering mungkin!

1 Litre of Tears

Kita manusia memang unik. Walau mata kita sama-sama berair, genangan air mata kita berlainan. Ada yang hampir setiap hari matanya berkaca-kaca. Namun ada pula yang nyaris tak pernah menangis sepanjang hidupnya. Bagaimana dengan Anda? Mengapa?

Mungkin saja mata Anda jarang berkaca-kaca. Mungkin pula Anda sering meneteskan air mata. Namun bagaimanapun, kami tetap berseru: “Menangislah bila perlu!”

Ya, ‘bila perlu’. Maksudnya, kita perlu menangis sesering mungkin, asalkan alasannya tepat dan dilakukan dengan cara yang sebaik-baiknya. Dengan demikian, maka manfaatnya sangatlah besar, sedangkan mudaratnya dapat dicekal.

1 Litre of Tears

Apa sajakah penyebab atau alasan yang tepat untuk menangis? Bagaimanakah cara menangis yang sebaik-baiknya supaya menghasilkan manfaat yang sebesar-besarnya? Bagaimana pulakah cara mujarab untuk menangkal mudaratnya?

Begitulah pertanyaan yang kami ajukan kepada Anda saat ini. Marilah kita merenungkannya dengan tenang dan khidmat. Sambil merenungkannya, marilah kita menghayatinya dengan cara menangis ‘bila perlu’!